Jumat, 05 Mei 2017

kliping IPS "BENTUK-BENTUK PASAR"



BENTUK-BENTUK PASAR
1.     Pengertian Pasar
Banyak sedikitnya permintaan atau penawaran itulah yang membentuk suatu pasar. Menurut ilmu ekonomi, pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang dan jasa diperjual belikan. Dari pengertian tersebut, pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a.       Pasar nyata atau konkret. Merupakan pasar yang memiliki wujud fisik. Artinya bahwa pasar ini memperlihatkan suatu kenyataan dimana para penjual dan pembeli bertemu dan bertatap muka langsung, produk atau barang yang diperjualbelikan dapat dirasakan .
Contoh :
Pasar Tradisional


b.      Pasar abstrak adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, namun didalam pasar tidak terdapat barang yang diperjual belikan. Penjual biasanya menawarkan baraang melalui contoh yang telah ditentukan kualitasnya. Barang yang diperjual belikan tidak berada ditempat bertemunya penjual dan pembeli. Di dalam pasar abstrak kadang penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung .
Contoh :
jual beli online (internet)

2.     Syarat-syarat terjadinya pasar
a.       Terdapat penjual dan pembeli

b.      Tersedianyan barang dan jasa yang diperjual belikan

c.       Terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual melalui proses tawar menawar

d.      Tersedia media untuk berinteraksi antara penjual dan pembeli

3.     Fungsi Pasar
Dalam kegiatan pasar mempunyai tiga fungsi utama, sebagai berikut :
a.       Fungsi distribusi. Pasar memungkinkan produsen berhubungan dengan konsumen baik secra langsung maupun tidak langsung dengan menyamakan perantara / distributor.
b.      Fungsi pembentuk harga. Harga pasar akan terbentuk dengan adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual.
c.       Fungsi promosi. Pasar dapat digunkan oelh produsen untuk memperkenalkan  barang produksinya.
4.     Bentuk-bentuk pasar
Bentuk-bentuk pasar terbagi menjadi :


                                                    
a.pasar pesaing sempurna
                pasar pesaingan sempurna adalah bentuk pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penual ataupun pembeli tidakdapat mempengaruhi keadaan pasar. Pasar pesaing sempurna merupakan bentuk pasar yang paling ideal. Merupakan bentuk pasar yang paling ideal. Karan dianggap system pasar ini adalah bentuk yang akan menjamin terbentuknya kegiatan produksi barang dan jasa yang sangat tinggi efesiensinya.
Contoh :

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
1)      Terdapat banyak penjual dan pembeli. Banyak penjual dan pembeli yang ada membuat pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
2)      Barang dan jasa diperjualkan belikan homogen. Barang dan jasa yang terdapat dipasar persaingan sempurna tidak dibedakan, baik sifat, kualitas maupun standarnya.
3)      Pembeli dan penjal bebas keluar atau masuk pasar. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli bebas tanpa hambatan untuk keluar masuk pasar. Bagi penjual, mereka bebas memasuki pasar untuk bersaing. Akibatnya penjual yang menang atau kalah bersaing dapat memilih untuk bertahan atau keluar pasar.
4)      Pengetahuan pembeli dan penjual sempurna. Dalam pasar pesaing sempurna pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan tentang keadaan pasar, baik pengetahuan tentang keadaan pasar, harga dan perubahan harga yang terjadi secara sempurna.
5)      Tidak ada campur tangan pemerintah. Campur tangan pemerintah tidak diperlukan dalam pasar persaingan sempurna. Karena penjual dan pembeli sudah memperoleh harga yang disepakati bersama.
Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna
kelebihan :
Ø  Kepuasan kensumen maksimum karena bebas menentukan pilihan
Ø  Keuntungan produsen juga maksimum karena ia bisa menjual barang sebanyak-banyaknya
Ø  Produksi barang-barang yang dperlukan konsumen biayanya minimum
Kekurangan :
Ø  Perusahaan tidak mempunyai anggara untuk mengadakan penelitian kerana dalam jangka panjang hanya memperoleh keuntungan normal.
Ø  Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih barang karena semua baraang sama dan sejenis.
b. pasar persaingan tidak sempurna
1. Pasar monopoli
Pengertian pasar monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing sehingga penjual atau monopoli leluasa menguasai pasar.
Contoh :

Kebaikan dan keburukan pasar monopoli
Kebaikan
Ø  Kerena penerimaan keuntungan diatas normal, maka monopoli dapat memerlukan penelitan dengan pengembangan produknya.
Ø  Monopoli biasanya bekerja pada skla produksi yang besar, karena unit yang diproduksi besar.

Keburukan
Ø  Pasar monopoli menciptakan ketidak adilan dalam distribusi pendapat masyarakat. Sebab dalam jangka waktu panjang, monopoli akan menerima keuntungan diatas keuntungan normal, sedangkan perusahaan pasar lain hanya akan menerima keuntuntan normal.
Ø  Terdapat unsur eksploitas, baik terdapat konsumen maupun pemilik factor produksi. Konsumen membayar lebih tinggi diatas biaya produksi dari unit terakhir barangnya. Sedangkan pemilik factor produksi dibayar dengan harga lebih randah dari harga barang
Ø  Dalam pasar monopoli ada kecenderungan terjadi pemborosan penggunaan factor produksi karena tidak berproduksi pada biaya rata-rata minimum.
2. Pasar oligopoly
Pengertian pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual, dimana salah satu dari beberapa penjual bertindak sebagai pemilik bansa pasar yang tersebar.
Contoh :

Kebaikan dan keburukan pasar oligopoly
Kebaikan
Dasar pasar oligopoli biasanya sering terjadi penemuan-penemuan / inovasi dan penerapan teknologi baru yang pesat. Hal ini disebabkan perusahaan-perusahaan oligopoly biasanya berskala besar dan mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
Kekurangan
Ø  Oligopoli sangat mungkin memperoleh keuntungan berlebih. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan social.
Ø  Kemungkinan terjadinya ketidak efesien produksi karana oligopoly tidak beroperasi pada biaya rata-rata minimum.
Ø  Kemungkinan juga terjadi ekspoitasi terhadap konsumen dan buruh.



3. pasar monopolistic
Pengertian pasar monopolisticmerupakan suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang mejual barang atau komoditi yang hamper sarupa tapi tidak sama kerana corak.
Contoh :

Kebaikan dan keburukan pasar monopolistic
Kebaikan
Ø  Kosumen dapat menikmati berbagai mutu, desain, model dan corak dari berbagai barang yang dihasilkan produsen.
Ø  Konsumen memiliki banyak pilihan sesuai daya beli yang dimiliki
Ø  Kreasi dan inovasi terus dikembangkan
Keburukan
Ø  Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efesiensinya relative rendah.
Ø  Kurang efesiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar